Kamis, 01 Januari 2015

TRAVELLING MENELUSURI TEMPAT WISATA DI SEKITAR KOTA JAMBI.

     https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/a/ae/Lambang_Kota_Jambi.jpg
 kali ini  saya mengajak anda  untuk traveling ke kota jambi dan jambi seberang , Kota jambi merupakan ibukota propinsi Jambi dengan semboyan Tanah Pilih Pesako Bertuah .Luas wilayah kota jambi adalah : ±205.38km.kota Jambi  dibelah sungai yang bernama batanghari.kedua kawasan tersebut di hubung dua jembatan panjang yaitu jembatan auduri  I dan jembatan auduri II.













         

                                                   Gambar jembatan Aurduri I yang menghubungi kota jambi dengan jambi seberang dan jalan lintas timur kearah pekan baru ,kuala Tungkal , kota Medan dan Banda Aceh.
http://pustaka.pu.go.id/uploads/infrastruktur/jembatan/batanghari.jpg

gambar jembatan Aurduri II , jembatan  AurduriII yang menghubungkan kota jambi dengan kawasan candi muara jambi dan kota muara sabak kabupaten Tanjung Jabung Timur.

 kota jambi  merupakan pusat pendidikan, bisnis,perdagangan , pusat perbelajaan ,pariwisata pemerintahan kota dan propinsi.untuk menuju kota jambi  dapat dilalui  tiga jalur  darat darat atau melalui sungai batanghari.

Jalur Darat

 bagi traveling yang ingin berkunjung  atau transit kekota jambi  melalui jalur darat  dapat melalui jalan lintas timur sumatera dari arah kota pekanbaru,palembang  atau dari kota padang dengan mobil pribadi,bus ,motor, mobil travel maupun sewaan,

banyak kendaraan bus yang menuju ke kota jambi  yaitu :
 1.famili raya ceria dan travel
2.ratu intan permata.
3.pt.top.
4.travel rani
5.po rapi.
6.po.als
7. dan travel lain-lain
.
    Jalur Sungai .






 dari sungai batang hari  sangat jarang karena pemerintah sudah membuka akses  jalan raya  dari kota jambi ke arah timur kota jambi ke muara sabak, tanjung kumpeh, nipah panjang .tapi  untuk pengiriman hasil pertanian,hasil bumi  dan ekspor  barang komoditas dari  kota jambi dan dari kabupaten di propinsi jambi tetap lancar seperti  ekspor batu bara , hasil hutan Plywood,rotan, getah karet,   minyak ,CPO ( crude oil palm ) atau kelapa sawit.
melalui  jalur  sungai batanghari atau via pelabuhan talang duku.




 Jalur Udara.
http://i.ytimg.com/vi/RfdSQ6-Bt_w/0.jpg

Gambar Bandara Sultan THAHA SYAIFUDIN
http://static.panoramio.com/photos/large/32887938.jpg


bagi traveling ingin ke kota Jambi dapat melalui jalur udara  dengan transpotasi pesawat terbang, kota jambi dapat dididarati  pesawat boeing,pesawat kecil   helikopter di bandara Sultan Thaha Syaifuddin.  bandara udara sultan thaha syaifuddin  terdapat di pal Merah Jambi  Selatan 20 menit dari pusat kota Jambi . luas runway pesawat  landasan pacu.2,400. meter lebar 30 meter ,dan akan ditambah menjadi 2,400. meter lebar 45 meter. dan melayani pesawat berbadan lebar seperti lion air,citylink, garuda indonesia, sriwijaya,
susi air,  untuk kedepan akan dijadikan bandara internasional   untuk melayani penumpang ke luar negeri seperti singapura, malaysia, thailand  dan juga terintergritas dengan kebun binatang taman rimbo  bandara internasional berkonsep hijau dan mungkin pertama  di indonesia  kata salah satu sumber dari pemerintah propinsi dan angkasa pura sebagai pengelolah bandara  di propinsi jambi dan seluruh indonesia.
 jadi bagi traveling  ingin mau kekota jambi  maskapai penerbangan siap melayani pelancong mau ke daerah tanah pilih pesako bertuah. jadi bisa mampir kebun binatang sambil melihat satwa fauna   di kebun binatang taman  rimbo dan anjungan rumah adat kota dan kabupaten  didalam propinsi jambi.
 





       

 
 bagi traveling yang ingin berkunjung ketempat wisata di kota jambi  sangat banyak  yaitu :
1.  area perkantoran  gubernur dan lapangan upacara.  , merupakan tempat pusat perkantoran dan pemerintah  jambi. di area lapangan  gubenur  terdapat area tempat kumpul warga kota jambi yang melakukan aktivitas  olahraga, kegiatan event anak  muda dan masyarakat kota jambi tiap sore dan tiap pagi minggu. ramai pengunjung memadati area  lapangan gubernur  sampai sepanjang jalur hijau bank indonesia.ingin melihat perjalanan sejarah dan kisah perjuangan  rakyat jambi  dan para pahlawan  mengusir pejajahan belanda dan jepang dapat di lihat tembok dinding relief  di sepanjang jalan depan gedung DPR kota jambi. di sekitar area lapangan terdapat maket rumah panggung adat jambi yang bernama kajang lako yang terdapat ornamen ukiran khas propinsi jambi dan terdapat  patung gajah  berwarna putih  .



2. danau sipin.  tidak jauh dari area perkantoran gubernur terdapat danau sipin yang eksostik  jika kunjungi  oleh traveling  , luas danau sipin.89 hektar.danau sipin  atau danau oxybox atau tapal kuda,tempat para nelayan mencari ikan  seluang,sepat,gabus dan banyak masyarakat memelihara keramba ikan terapung seperti ikan gurami atau mujair , patin , nila, lele.masyarakat sangat ramah  menyambut sangat ramah. di
danau sipin terhubung juga dengan danau buluran .lebih lagi jika pengunjung/ traveling  ingin naik perahu mengeliling danau sipin .waktu yang baik untuk berkunjung sore hari.ongkos sewa perahu bisa di di tawar yang deal . bagi yang ingin mancing pas untuk menghilang stres dan kejenuhan aktivitas kerja selama seminggu.





3. Danau Buluran Kenali. terdapat kawasan hutan pohon rengas.




  4. Jembatan Gentala Arasy  yang menghubungankan antara  kawasan  Taman Tanggo Rajo  Ancol dengan kawasan Jambi Seberangan  khusus pendestrian pejalanan kaki ,




http://infojambi.com/images/ilustrasi/menara-gentala-arasy.jpg

bangunan jembatan gentala arasy merupakan icon baru tempat destenasi bagi kunjungan masyarakat kota jambi dan touris lokal maupun mancanegara ,jambi banyak menyimpan kisah perjalanan tentang budaya, adat , agama, dan tentang sejarah perkembangan budaya melayu jambi.tunggu pengalaman traveling selanjutnya di perjalanantravelling tentang  budaya,tradisi,seni  ,orang melayu jambi dan tempat wisata selanjut di kota jambi.

2 komentar:

  1. Kota ku tercinta jambi. Ayo datang ke kota jambi yang indah dan aman. Tak akan menyesal, penduduknua juga ramah-ramah.

    BalasHapus
  2. Kota ku kota jambi.
    Salam knl aja..
    Kunjung balik https://terangbulanweb.blogspot.com

    BalasHapus