Sabtu, 29 November 2014

menjelajah alam wisata alam di di daerah langkah serentak limbai seayun

  



                 



 perjalanan tour kali  saya akan mengajak anda mengenal lebih dekat daerah wisata yang berada di daerah  yang bermotto LangkahSerentak Limbai Seayun .mulai dari wisata ada di kabupaten bungo propinsi jambi ,Kabupaten Bungo merupakan daerah pemekaran dari kabupaten induk nya kabupaten Bungo Tebo dari tanggal 12 Oktober Tahun1999.Kabupaten Beribukota Muara bungo yang mempunyai terdiri17 kecamatan. Kabupaten Bungo memiliki kekayaan alam yang melimpah mulai dari hasil perkebunan karet, sawit dan juga dari sektor pertambangan batubara, selain itu kabupaten bungo juga  banyak mengandung emas  hampir diseluruh daerah kabupaten bungo.luas wilayah kabupaten bungo 7,160 km2 . teletak didaerah barat propinsi jambi

    perjalanan ke kota muara bungo dapat dilakukan  dua jalur transportasi  yaitu ;
  1. Jalur Udara .kota muara bungo sudah ada bandara   udara teletak di desa sungai buluh kecamatan Rimbo tengah cuma 25 menit dari kota Muara Bungo  , kabupaten bungo yang mempunyai landasan pacu ( runnway )  1,950     meter 6.398 ft    permukaan landasan aspal. mulai beroperasi tanggal 25 Nopember 2012.  bandara muara bungo telah operasi oleh dua maskapai  yaitu aviastar mandiri tujuan  muara bungo - jakarta  p/p jakarta - Muara bungo.Maskapai  susi air dengan tujuan jambi - Muara bungom    Muara bungo - jambi. P/P. mungkin rencana kedepan maskapai lain mulai mampir  seperti .sriwijaya air , lion air, garuda indonesia.
  

              


  2. Jalur  Darat  .bagi anda yang ingin berkunjung ke kabupaten  bungo dapat di tempuh  tiga  arah 1jalur jalan nasional  yaitu ;  1. dari kota jambi  dengan jarak tempuh 246 km. atau 5 atau 6 jam perjalanan ,banyak transportasi ke kabupaten bungo, mulai kendaraan bus besar PO. famili raya, PO. NPM. PO. JATRA.dan travel kecil yang siap mengantar penumpang ke kabupaten bungo  atau transit dengan tujuan ke kota padang.
PO. Ratu intan, PO,TOP, PO Teluk kembang, Travel famili raya, PO Restu  Ibu, dan  mobil rental (sewaan ).2. dari pulau jawa  lewat kota bangko.3,dari propinsi sumatera barat. pekanbaru, medan. dari semua jalur  kendaraan transportasi mudah terjangkau.



daerah kabupaten bungo terdapat potensi wisata  yang pernah saya kunjungi.bagi yang mengetahui kota  muara bungo , anda juga sewa motor ojek keliling kota muara bungo.adapun tempat wisata  dikota muara   adalah lapangan upacara semagor, keunikan lapan semagor sebagai tempat rekreasi warga kota bungo,banyak sekali aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat seperti acara kesenian,olah raga pajat tebing,wadah pertemuan antara masyarakat dengan pemerintah kabupaten bungo.dan tempat mengai rejeki  bagi pedagang makanan kecil ,adapun fasilitas pendukung antara lain area wifi, taman asri nan rindang.







  areal panjat tebing di semagor



      gambar pendopo di lapang semagor.



                                       AIR TERJUN RANTAU PANDAN

    air terjun rantau pandan terletak di desa rantau pandan dengan jarak tempuh 45 km. dari kota Muara bungo. air terjun tersebut berada di perbukitan .untuk menuju kesana kita  bisa ditempuh roda dua  dan roda  empat. transportasi kesana jarang .bisa juga menrental atau sewa mobil atau sepeda motor ( ojek ) kalau ojek bisa di tawar atau nego soal harga tarif. jangan lupa membawa uang kecil untuk tiket masuk dan uang pakiran motor.dari kota muara  bungo jalan menuju kesana berliku -liku dan tanjakan pendakian tinggi,kelokan patah dan menyusuri sungai batang bungo,  kondisi jalan aspal  ke rantau pandan . dari desa rantau pandan jalan berbatu ,aspal keriting serta melewati areal pertambangan batu bara.

Gambar air terjun  rantau pandan.


            untuk menuju dasar  air terjun  harus menuruni  anak tangga , suasana di areal air terjun sangat dingin dan sekeliling pohon rimba dan pakis dan palem  ,perdu ,kalau hari libur pengunjung sangat ramai .cuma sayang banyak fasilitas kurang memadai seperti kamar mandi, pondok yang rusak  biaya tiket masuk yang mahal sedang daerah lain  sangat terjangkau.
. kurang peran serta warga lokal  dan pemerintah daerah dalam mengelolah  dan menjaga aset wisata .   



  di air terjun rantau terdapat goa , dan bunga bangkai ( Ammorphalus titanum ) tinggi 1- 3 meter  dari permukaan tanah  pada waktu mengembang  menyebar aroma amis  sehingga mengundan serangga dan lalat,selain juga terdaapat gua alam atau goa kelelawar di desa lubuk mayan.goa tetesan lilin di desa  apung mudik kecamatan rantau pandan , bentuk gua tetesan lilin dan banyak batu granit.vegitasi bunga batang tumbuh kerasdari tanah, atas kucup berbentuk mahkota selendang dan kol merah hati  kucup atas berbentuk pmahkota paku raksaksa kol merah hati  dan berkembang setengah meter.sering juga tumbuh di sekitar rumah penduduk.

Dam semagi terletak didesa pelayang kecamatan tansti tanah tumbuh.berjarak 41 km dari kota muara bungo.
air terjun punjung empat terdapat di bukit punjung dengan puncak tertinggi bertingkat dengan berjarak 26 km dari kota bungo dan dilanjutukan jalan kaki menempuh 4 km.




 


ada satu tempat yang sangat unik untuk menikmati suasana air terjun  perjalanan dilanjuti keareal bekas galian genangan air di
pertambangan batu baru  tidak jauh dari air terjun, keunikan danau tersebut berwarna kehijauan  dan pemandangan sangat bagus ,dari jauh nampak kamp.batubara, dan jejeran bukit pegunungan nan biru ,jalan menuju kedanau menuruni bukit .seberang danau terdapat rumah penduduk dan pohon kelapa















 





























     LUBUK LARANGAN





daerah kabupaten bungo terdapat sebuah lubuk larangan.yaitu sebuah lubuk disungai yang berisi ikan  sungai yang dilarang mengambil / memancing oleh masyarakat desa dan pemerintah kabupaten. untuk melestarikan alam disungai dari pencemaran ,perusakan ekosistem sungai.namun ikan disungai bisa dipanen setelah setahun sekali melalui musyawarah desa dan pemerintah , ikan yang bisa diambil harus ikan besar layak untuk dipanen  dibagikan kemasyasrakat desa  ,







gambar sapi liar milik warga  sebuah desa  yang mau pulang ke kandang setelah seharian dilepas mencari makan ,kembali kekandang menjelang sore.








ingin merasa  goyangan jembatan gantung  silahkan mencoba ketika anda mengunjungi di kabupaten bungo.
ada beberapa desa bisa dijumpai jembatan gantung  dengan  jarak 200  meter atau lebih  derasnya aliran
sungai mengalir dibawah  serta suasana perkampungan dipinggir sungai batang bungo dan batang tebo.demikianlah artikel perjalanan  traveling kali ini.tunggu artilel perjalanan traveling selanjutnya.












                                  

1 komentar: