Kamis, 13 November 2014

" EKSOSTIS PERJALANAN LINTAS BATAS SOLOK SELATAN DAN KERINCI,JAMBI "

             

             saya ingin membagikan pengalaman pribadi selama touringdi solok selatan dan kerinci.

perjalanan touring saya lakukan karena penasaran , rasa keinginan tahu  tentang daerah  yang belum saya jelajahi/ kunjungi, sebelum penjelajahi saya lakukan , pertama membuat  rencana, mencari informasi yang akurat,tanya langsung sama masyarakat/ warga yang pernah melewati kesolok selatan .jarak tempuh,waktu
perjalanan,daerah yang dilalui,bahan bakar , pakaian, uang seadanya  nama juga touring back paker murah meriah coy.untk pelaksanaan touring saya  menggunakan motor roda dua, karena  kendaraan ke solok selatan dan kerinci tidak ada.rute saya lewati  sangat beragam,mulai  dari jalan kota,jalan batu,jalan menyusuri sungai ,melewati areal kebun sawit, tanjakan tajam ,pendakian dan turunan curam berliku-liku.


   setelah pengisian BBM( bahan bakar minyak )  bensin motor fuel tank  atau isi penuh perjalanan dilakukan
sekitar jam 10,00 Wib pagi ,star awal dari kota sungai rumbai ,Dharmasraya, sumatera barat. melalui jalan lintas sumatera. setelah  3 km  , motor melalui jalan tambang batu bara melewati rute sitiung IV, kondisi jalan berbatu , terus melewati blok d, masuk areal kebun sawit pt incasi raya .kendaraan cpo dan batu bara  berlalu lalang melintas membawa cpo, batu bara.dari lintas sumatera ke pabrik pengolahan cpo  menempuh jarak kurang lebih 22 km. dari pabrik inkasi ke jalan log kurang lebih 2km.


 setelah melewati kawasan kebun sawit pt inkasi mulai melewati jalan tanah kuning( jalan log)  mendaki ,turun tajam atau curam kecepatan motor hanya 40km / perjam . menyeberang sungai sangat jernih ,asri sejuk,suara air deras dan bebatu.sisi kanan kiri bukit nan biru menjulang tinggi.  setelah menyeberang sungai  tanpa jembatan  mulai masuk kekawasan kebun sawit pt ksi , pohon sawit rata 2 berumur 2tahun s/d 25 tahun keatas.terus melewati areal jalan blok  sawit. hampir saja nyasar di tengah kebun sawit. karena jalan blok sama besarnya,sehingga bingung jalan mana yang harus ditempuh , mau tanya sama orang tidak ada.karena jarak satu blok Afdeling kira 1000 hektar berdasarkan informasi saya terima dari pekerja sawit. akhirnya feeling saya gunakan , setelah 2 km  saya ke temu pekerja sawit . dan bertanya jalan ke solsel ( Solok selatan ) , kebetulan pekerja sawit  berbaik hati  dan memberi petunjuk jalan ke nagari  sungai kunyit. daerah solok selatan. 1,5 jam perjalanan barulah ketemu perkampungan ( nagari) jalan mulai jalan aspal keriting.  jalan semakin mendaki  dan harus ekstra hati2 membawa motor  karena banyak lubang dalam ,dan kanan kiri jurang yang sangat dalam  , hawa dingin mulai menusuk badan,untung bawa jaket tebal.

    waktu mulai menujukan pukul 13,20 wib. barulah masuk kenagari lubuk malako , jalan mulai bagus beton cor bertulang . di daerah lubuk malako di suguhkan pemandangan sangat indah,hamparan padi sawah nan hijau,susunan barisan rumah gadang  disepanjang jalan,bukit bebaris membentangi sepanjang perjalanan.
dari lubuk malako  jalanan mulai mendaki ,tanjakan jalanan tajam dan menyusuri lereng bukit dan dibawah terdapat jurang yang dalam dan juga sungai sangir aliran deras dan berbatu, sangat menajubkan.istirahat sejenak dipinggir sungai batang sangir.





                                               gambar pemandangan ngalau ( ngarai ), sungai batang sangire,lubuk malako
                                                 solok selatan ,sumatera barat.



     setelah istirahat  30menit, perjalanan dilanjutkan kembali menyusuri sungai batang sangir dan dilanjutkan
ke padang aro  solok  selatan , kabupaten solok selatan merupakan kabupaten pemekaran dari kabupaten
induk yaitu solok yang sekarang menjadi kotamadia solok.


 

 
                                              gambar nagari seribu rumah gadang. solok selatan






                kebun teh di daerah sangir. padang aro solok selatan arah ke muara labuh.                                                       
                                                                                      
sungai batang sangire sering digunakan olah raga arum jeram .





     padang aro merupakan ibukota kabupaten solok selatan  yang mempunyai luas wilayah 3.346,20 km2.dan terletak diketinngian 300 sampai dengan 1000 meter diatas permukaan laut.
pembangunan mulai mengeliatkarena banyak pembangunan dan pembenahan kota menjadi maju , dari potensi wisata sangat banyak , ada objek wisata danau botak,air terjun
dan sejumlah bangunan peninggalan sejarah , masjid. ada satu kawasan  yang dijuluki nagari seribu rumah gadang.setelah menyusuri kota pada aro  perjalanan dilanjutkan ke kayu aro kabupaten kerinci . waktu ditempuh jarak  kurang lebih 70 km atau satu jam perjalanan, setelah meninggalkan kota  padang aro ,jalan mulai pendakian panjang dan berkelok dan memasuki kawasan hutan lebat.dan bukit menjulang tinggi.  kadang turunan curam   membentukjalan  leter W  sangat mengasyikan dan memacu adrenalin  ayo siapa mau coba !  dan harus extra hati-hati karena jalan banyak berlubang, suasana alam dingin mulai berkabut .

 sekali- sekali suara burung menyambut kedatangan kami  bagai bah menyambut tamu  yang lewati  bermacam kawasan hutan , aroma hutan kulit kayu manis ( casia versekali , dan jejeran kayu gamalina.
setelah melewati perbatasan  kabupaten solok selatan  ( sumatera barat ) dan kabupaten kerinci jambi .

       pemandangan kebun teh kayu aro membentang kanan kiri sepanjang jalan nasional batas jambi - sungai penuh  via kayu aro , dan istirahat sejenak  pinggir jalan sambil melepas lelah  selama di perjalanan.


                                     Kebun teh kayu aro


kebun teh kayu aro  berada diwilayah kayu aro  dikaki gunung kerinci , perkebunan kayoe aro di rintis antara tahun1925 hingga tahun 1928. oleh perusahaan belanda,Namblodse Venotschaaf Handle Vereniging (NVHVA) sebagai kebun teh tertua  di indonesia. ,perkebunan seluas 3.020 hektar  merupakan perkebunan teh dalam satu hamparan terluas didunia .selain itu  dengan ketinggian 1.400 - 1.600 meter dpl .

pengawasan kualitas tinggi , mulai dari perawatan dan pemeliharaan tanaman, pemetikan pucuk,pengolahan
di pabrik.pengemasan  hingga pengiriman  oleh  PTPN VI dan di ekspor ke benua eropa.

 pada tahun  1998 perkebunan teh  telah dikembangkan sebagai tujuan wisata.


 

kebun teh kayu aro yang dilatar belakang gunung kerinci













perjalananan dilanjutkan kembali ke arah kota sungai penuh .setelah melewati kebun teh perjalanan mulai menuruni bukit  jalan kelokan tajam patahan tajam . hari menjelang magrib sampai juga dikota sungai penuh ,sampai dikota sungai penuh mulai cari penginapan yang murah meriah,aman . adapun penginapan dikota sungai penuh  sangat banyak, dari harga Rp.100,000. sampai Rp.600,000.

 adapun daftar hotel di kerinci adalah :
  1.Hotel Kerinci
  2.Hotel Busana
  3.Hotel masgo
  4.Hotel Yani
  5.Hotel Aroma
  6.Hotel Mahkota









   di hari  kedua perjalanan dimulai dari penginapan mulai mengelilingi kota sungai penuh,setelah mengeliling
kota sungai penuh   terus mengikuti jalan kearah bukit kahayang   dengan jalan tanjakan panjang , tikungan tajam .















  dari bukit kahayangan selanjutnya  perjalanan dilanjutkan ke danau kerinci  melewati jalur kota sungai penuh melalui jalan menurun dan hamparan sawah  dan melewati jembatan  flay over menghubungi tanah kampung dengan kota sungai penuh .


                                                  Danau kerinci   .


                                           
        









                                    
danau kerinci sangat indah dan di kelilingi bukit barisan , luas danau kerinci  5000m 2. dengan ketinggian
783meter diatas permukaan laut atau dpl, 4.200 hektar.luasnya dan kedalaman 110 meter  dan berjarak 16 km dari kota sungai penuh.  sebagai tambahan  banyak obyek wisata di kabupaten kerinci

                     





                              
           
  


                                setelah dari danau kerinci  langsung  pulang ke sungai rumbai melewati kota bangko
 sepanjang perjalanan  terdapat pemandangan sangat indah  yaitu air terjun di muara emat  batas kerinci  dan bangko ,jalan tikungan dan turunan tajam mengikuti sungai batang merangin sampai di bangko,
 rasanya ingin  melakukan perjalanan lagi karena keterbatasan waktu libur , pulang kembali ke kota dan
 bekerja lagi.

      

1 komentar:

  1. Touring yg sangat menarik. Alam yg luar biasa indah. Jika ada kesempatan akan ke sana....

    BalasHapus