Sabtu, 09 Januari 2016

SITUS CAGAR BUDAYA MAKAM ORANG KAYO HITAM DAN TAMAN SELARAS PINANG MASAK DI BERBAK DAN MUARA SABAK,TANJUNG JABUNG TIMUR, JAMBI


 SITUS  CAGAR  BUDAYA MAKAM PINANG MASAK.
ORANG KAYO HITAM DAN TAMAN SELARAS 


       Dalam perjalanan kali ini ,kami akan mengajak anda yang hobi jalan -jalan/ traveling ketempat wisata ziarah  situs komplek pemakaman Keramat Rajo Jambi Orang Kayo Hitam, candi orang kayo hitam  dan tempat wisata baru yaitu Taman selaras pinang masak.


      Rajo Orang kayo hitam pernah jadi Rajo jambi  pada tahun 1500 s/d tahun 1555 tahun. Orang Kayo Hitam raja jambi yang mulai menyebarkan agama islam di propinsi Jambi,dia orang gagah pemberani ,sakti,taat  agama islam  dan terkenal sampai di raja di pulau Jawa terdiri kerajaan di Mataram,Majapahit,Demak ,dan wilayah  pulau Sumatera .

LETAK DAN LOKASI

       Dari kota jambi  dapat ditempuh waktu 2 jam atau berjarak 90 km menuju situs pemakaman keramat orang kayo hitam ,Berbak, Tanjung Jabung Timur provinsi Jambi, baik itu jalur darat  lewat jembatan auduri 2 men gikuti jalan aspal  melewati situs komplek candi Muara jambi terus melewati areal kawasan hutan industri akasia milik Pt. WKS dan menyeberangi jembatan Muara sabak ,setelah sampai di muara sabak  rute perjalanan terus ke Rantau Rasau  mengikuti jalan pinggir  kanal/  parit ke Berbak ,selama di perjalanan anda akan disuguhkan bermacam pemandangan  seperti areal persawahan  nan hijau,area rawa, kebun kelapa, kebun pohon pinang , coklat.serta kontur jalan yang di lewati bermacam - macam  jalan yaitu jalan aspal mulus ,jalan koral, jalan tanah , jangan heran kalau di daerah tanjabtimur   banyak jembatan besi dan jembatan kayu, karena daerah tanjabtimur sebagian daerahnya berawa/ payo  atau gambut, kanal/ parit sungai kecil.

1. BANGUNAN UTAMA MAKAM

  Keramah tamahan masyarakat Berbak menyambut kedatangan anda di areal lokasi pemakaman Orang kayo Hitam pemandangan  sangat indah , sejuk hijau, kerindangan pohon  yang berada di lokasi  pemakaman.kedatangan pengunjung /perziarah akan di sambut oleh juru kunci makam. Dia hari libur  nasional/ hari raya keagamaan banyak pelayat/ pengunjung yang berziarah datang baik pengunjung lokal dari jambi  ,juga dari seluruh nusantara , turis manca negara.di  lokasi situ cagar budaya tersebut terdapat candi orang kayo hitam I dan II yang di kelilingi parit/ kanal kecil.selain itu ada juga situs makam putri julan.

A. MAKAM ORANG KAYO HITAM              


                                               
B. CANDI ORANG KAYO HITAM  I & II                            



   
 C. MAKAM PUTRI JULAN


                                                          
                                                                     
2. TAMAN SELARAS PINANG MASAK {SPM}

  perjalanan selanjutnya kita dapat  mengunjungi Taman selaras pinang  tepat nya dibawah  jembatan Muara Sabak, taman selaras pinang masak di lengkapi  arena bermain anak-anak,area gazebo,taman bunga beraneka ragam,areal futsal, lapangan basket area santai dipinggir sungai batang hari sambil menyaksikan sunset matahari tenggelam serta melihat kapal lalu lalang  melewati jembatan muara sabak.

   

Photo lokasi SPM



   
         











Photo Spm dilihat dari atas Jembatan Muara Sabak











Photo Gravity(mural)












Dari hasil tulis blog travel diatas bisaidi jadikan referensi liburan alternatif  atau bagi para traveler atau backpacker yang akan ber minat / mau berkunjung  wisata Muara sabak, berbak.Nasional  berbak.silahkan  hubungi agen perjalanan anda,

1 komentar: